Cara Cek dan Cara Blokir Rekening Penipu

Cara Cek dan Cara Blokir Rekening Penipu
Cara Cek dan Cara Blokir Rekening Penipu

triathlon-levis.com – Penipu kelas kakap memang tidak pandang bulu, siapa pun dijadikan target mangsanya. Siapa pun akan diembat ketika sudah masuk perangkap. ya, sudah sejak lama penipuan dalam dunia digital terjadi yakni, penipuan akun rekening bank. Maraknya terjadi dalam dunia bisnis online. Bahkan, baru-baru ini korbannya menimpa anak Presiden Republik Indonesia, ialah Kaesang. Tidak nanggung-nanggung, kan?

Nah, untuk semua pembaca tulisan ini, harapan kami melalui tulisan ini bisa memberikan edukasi dan lebih waspada di kemudian hari ya, apabila merasa rekening tersebut fake. Berikut cara untuk ngecek dan cara blokir rekening penipu yang bisa Anda terapkan. 

Cara Melacak Penipu Melalui Rekening

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyediakan situs resmi (portal) dan berfungsi untuk mengumpulkan database rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana penipuan. Pengumpulan database ini guna mengantisipasi terjadinya penipuan sejenis di kemdian hari. Cara melacaknya adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi laman atau situs https://cekrekening.id/
  2. Isilah form yang tersedia dengan norek (nomor rekening) beserta nama banknya
  3. Tunggu verifikasi dilakukan oleh tim cekrekening
  4. Akan muncul hasilnya apakah norek yang telah dimasukkan dalam form tersebut terindikasi penipuan atau tidak beserta riwayat laporannya

Jika telah melaporkan norek, dimana terindikasi pidana, sementara Anda tidak melakukan penipuan, maka akun rekeningnya tersebut bisa disanggah. Ajukan sanggahan kepada laman penyedia agar norek tersebut terhapus dalam daftar database.

Cara Melaporakannya

Nah, setelah itu, segera laporkan ke laman dengan layanan sesuai bahwa norek tersebut melakukan penipuan. Caranya antara lain.

  1. Kunjungi lagi situs https://cekrekening.id/ 
  2. Pada bagian bawah, pilihlah menu “Laporkan Rekening
  3. Isikan form laporannya, antara lain berisi nama bank, nama pemilik norek, norek, kategori (bisa diisi dengan jenis transaksi apa yang dilakukan), isikan jumlah kerugiannya, media untuk transaksi, dan terakhir adalah kronologinya
  4. Sertakan juga bukti percakapan atau screenshot-an transaksi dengan penipu, bisa berupa screenshot-an chat percakapan atau bukti transfer pembayaran
  5. Pilih submit
  6. Tunggulah beberapa saat hingga diproses dan diverifikasi oleh tim cekrekening

Cara melacak sekaligus melaporkan tindak penipuan bisa dilakukan menggunakan laman berbeda selain https://cekrekening.id/ loh. Anda bisa menggunakan layanan Kredibel.co.id, Lapor.go.id, @indonesiablacklist, atau bahkan melaporkan kepada OJK atau datang langsung ke kantor kepolisian. 

Kredibel.co.id memiliki layanan yang hampir sama dengan cekrekening.id yakni, menampilkan rekam jejak norek penipu sekaligus laporan transaksinya dari masyarakat yang mengalami kasus serupa. Selain itu, mampu mengecek kredibilitas no. telepon penipu utnuk digunakan menipu secara daring. 

Lapor.go.id merupakan layanan yang disedikan oleh Kepolisian RI. Fungsinya juga untuk melaporkan kasus kriminal atas nama Anda. Jadi, tidak hanya kasus kriminal secara daring ya yang bisa dilaporkan. 

@indonesiablacklist merupakan layanan di instagram untuk mengusut kasus kriminal penipuan norek. Setiap kasusnya akan diunggah di instagram, selanjutnya diselesaikan hingga uang tersebut kembali ke tangan pemiliknya. 

Baca Juga : Cara Push Up yang Benar Agar Tidak Cidera

Semoga, melalui tulisan cara blokir rekening penipu ini, Anda bisa semakin aware ketika melakukan transaksi secara digital, ya! Entah itu di marketplace, website atau media sosial. Penipu sekarang pintar-pintar, loh dan Anda sebagai pengguna produk baik barang atau jasanya, harus lebih pintar lagi, ya! Selalu doakan agar para penjahat segera insyaf dan ingat siksaan di akhirat nanti.