Cara Membuat Footnote di Word

Cara Membuat Footnote di Word
Cara Membuat Footnote di Word

triathlon-levis.com – Catatan kaki biasanya dibuat pada dokumen resmi, seperti pembuatan skripsi, tesis, atau dokumen lainnya. Tujuan adanya catatan kaki adalah untuk mengutip sumber sekaligus memperjelas konsep secara lebih rinci tanpa mengalihkan isi teks utamanya. Nah, ngomong-ngomong, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara membuat catatan kaki atau footnote di word? Baca sampai selesai , ya!

Cara Membuat Footnote di Microsoft Word 2007/ 2010/ 2013 pada Windows

Metode atau cara pertama ini Anda bisa menggunakan Microsoft Word 2007, 2010, atau 2013 pada Windows PC. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

 

  • Pada tab “References” yang ada di bagian menu antara Mailings dan Page Layout, pilihlah “insert footnote”. 

 

  • Setelah itu, akan muncul sisipan catatan kaki di bagian bawah halaman Microsoft Word. Kursor Anda secara otomatis akan mengarah kesana. 
  • Isilah seluruh catatan referensi yang Anda gunakan  atau tekan secara bersamaan tombol Ctrl + Alt + F atau Ctrl + Alt + D.

 

 

  1. Biasanya format penomorannya menggunakan angka romawi, maka ubahlah angka-angkanya menjadi romawi. Caranya klik tombol di kanan bawah bagian “Footnotes” > “Footnote and Endnote” > “Format” > “drop-down” numbering untuk mengatur ulang penomorannya
  2. Jika ingin memasukkan section break, tekan “Page Layout” > “Breaks”. Section break berfungsi untuk mengubah penomoran sekaligus mengubah tata letak dokumen.  Jadi, akan terlihat lebih rapi sekaligus enak dipandang. 

Menggunakan Word 2011 Pada Mac

Metode ini hampir sama  dengan metode sebelumnya. Bedanya ada pada proses atau langkah pertama saja. Jika sebelumnya menggunakan “References”, maka kali ini menggunakan “Print Layout”. Simak langkah-langkahnya dalam penjelasan berikut ini.

  1. Setelah Anda membuka dokumennya, klik “Print Layout” pada menu “View”.
  2. Tempatkan kursor pada bagian kosong dalam halaman dokumen yang akan digunakan untuk menulis referensi (sumber) catatannya.  
  3. Masukkan catatan kakinya dengan cara pilih tab “Document Elements” > “Footnote” yang ada di “Citations”. Anda akan dibawa ke bagian dimana kursor tersebut berada guna mengisi catatan referensi (sumbernya). 
  4. Setelah proses pencatatannya selesai, Anda bisa mengubah formatnya sesuai keinginan. Misalnya mengubah angka menjadi symbol, atau mengurutkan nomor yang mana urutannya bisa disesuaikan sesuai keinginan, dan lain sebagainya. Caranya masuk ke window “Footnote and Endnote” > klik “Insert” > Klik “Footnote”. 
  5. Sama halnya ketika ingin memasukkan section break, tekan pada menu “Page Layout” > “Breaks”. Section break berfungsi untuk mengubah penomoran sekaligus mengubah tata letak dokumen.  

 

Menggunakan Word 2003 Via Windows atau Word 2004/2008 Via Mac

Metode terakhir ini tidak serumit metode sebelum-sebelumnya. Caranya cukup mudah, simak penjelasannya ya.

  1. Masuk ke menu “View” kemudian pilihlah “Print Layout”.
  2. Setelah itu, alihkan atau tempatkan kursor pada bagian dimana Anda ingin memunculkan Footnotenya. 
  3. Masuk ke menu “Insert”, kemudian pilih “Reference” > “Footnote”.
  4. Masukkan referensi Footnotenya 

Gimana mudah kan untuk mengaplikasikan cara-cara yang telah kami rekomendasikan? Nah, di bawah ini kami akan memberi contoh format sekaligus hasil akhirnya secara umum. 

Format penulisannya: 

Nama Pengarang, Judul Buku (Kota Penerbit: Nama Penerbit, Tahun, Penerbitan), hlm,. Nomor Halaman.

Hasilnya:

Sartono Kusumo, Pendekatan Disiplin Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah (Jakarta: Gramedia, 1993),hlm. 3. 

Jika pengarangnya dua, maka tulis nama pengarang satu terlebih dahulu, baru kemudian tulis nama pengarang dua. 

Baca Juga : Cara Cek dan Cara Blokir Rekening Penipu

Nah itulah mudahnya membuat footnote di word. Untuk pemula, cara yang telah kami sampaikan tidak terlalu mudah juga tidak terlalu rumit lah ya. Jika ingin contoh lainnya sesuai spesifikasi darimana referensi tersebut didapat, Anda bisa mencarinya lebih lanjut ya melalui mesin pencarian Google. Selamat bereksplorasi. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*