Cara Mengatasi Dan Mengobati Gigi Berlubang

Cara Mengatasi Dan Mengobati Gigi Berlubang
Cara Mengatasi Dan Mengobati Gigi Berlubang

triathlon-levis.com – Gigi berlubang umumnya merupakan salah satu tanda gigi yang tidak sehat. Kondisi ini memang seringkali memicu timbulnya rasa sakit pada gigi itu sendiri, atau bahkan nyeri sampai ke bagian kepala. Umumnya, penyebab penyakit gigi biasa ditimbulkan oleh plak gigi, yang merupakan sebuah zat lengket akibat dari tumpukan kuman hingga bakteri.

Cara Mengatasi Dan Mengobati Gigi Berlubang
Cara Mengatasi Dan Mengobati Gigi Berlubang

Dimana bakteri tersebut akan mengubah sisa makanan yang tersangkut di area gigi menjadi asam. Yang mana asam tersebut dapat merusak bagian enamel gigi, dan akhirnya gigi akan berlubang. Keberadaan plak yang dibiarkan terlalu lama akan menjadi karang gigi dan mengganggu struktur pada kesehatan gigi kita. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah cara mengatasi gigi berlubang.

Bagaimana Cara Mengatasi Kondisi Gigi Yang Berlubang?

Mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa gigi dalam keadaan berlubang, umumnya tidak akan menimbulkan rasa sakit sama sekali. Namun rasa sakit dan disertai ngilu yang muncul setelahnya sebenarnya merupakan lubang gigi yang semakin membesar. Pada kondisi ini lubang pada gigi dapat mempengaruhi saraf, dan bahkan bisa menyebabkan gigi menjadi patah.

Beberapa solusi untuk mengatasi kondisi gigi berlubang sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara khusus. Dan berikut merupakan beberapa cara yang harus anda lakukan untuk mengatasinya!

1. Menambal Gigi

Salah satu solusi yang akan diberikan oleh dokter ketika gigi sudah masuk pada tahap berlubang. Dan telah melampaui pembusukan tahap awal adalah melakukan penambalan gigi. cara ini membutuhkan prektek pengeboran untuk membuang bagian yang telah benar-benar mengalami kerusakan. Kemudian gigi akan ditambal dengan menggunakan beberapa zat. Seperti zat perak, maupun komposit.

2. Memberikan Sebuah Fluorida

Berbeda dengan teknik sebelumnya, karena tehnik ini hanya dapat digunakan untuk mengatasi lubang pada gigi, namun yang masih tahap sangat kecil. Fluorida sendiri juga menjadi salah satu solusi untuk bisa mengembalikan serta memulihkan enamel gigi seperti semula. Ada beberapa macam jenis fluorida yang bisa anda gunakan, mulai dari jenis obat kumur, gel, busa dan lain sebagainya.

3. Membuat Crown Gigi

Untuk sebuah kerusakan gigi dengan ukuran sangat parah, untuk mengatasinya membutuhkan cara crown gigi.  Disini dokter akan membuat crown atau mahkota yang telah benar-benar mengalami kerusakan. Mengingat fungsi grown alami gigi cukup penting, sehingga perlu digantikan dengan bahan lain seperti porcelain, resin, emas dan beberapa bahan lainnya.

4. Melakukan Perawatan Seluruh Akar Gigi

Perawatan untuk bagian akar gigi diperlukan jika proses pembusukan sudah mencapai pada bagian dalam gigi. Yakni bagian pulpa atau saraf yang sudah mati. Perawatan ini dilakukan dengan cara membuang setiap bagian syaraf yang sudah mati, kemudian diikuti dengan membersihkan daerah yang membusuk. Dan kemudian akan diikuti dengan membuat crown.

Baca Juga : Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Itulah beberapa cara mengatasi gigi berlubang sesuai dengan kondisi gigi tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan proses perawatan yang berbeda-beda. Sesuai dengan tingkat keparahan dan kondisi dari gigi tersebut.