Cara Mengatasi Pencemaran Udara Secara Efektif Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Cara Mengatasi Pencemaran Udara Secara Efektif Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Cara Mengatasi Pencemaran Udara Secara Efektif Dalam Kehidupan Sehari-Hari

triathlon-levis.com – Hampir semua kota yang padat penduduk memiliki masalah pencemaran udara. Bahkan masalah kemacetan dan polusi udara menjadi masalah utama yang sulit diatasi. Cara mengatasi pencemaran udara sebenarnya bisa dimulai dari diri sendiri dan menjaga lingkungannya agar tetap bersih. 

 

Kenapa masalah ini harus segera diatasi dan tidak boleh ditunda-tunda lagi? Karena jika dibiarkan saja, maka udara yang ada di bumi ini menjadi kotor dan apabila dihirup manusia maka akan berpengaruh pada kondisi kesehatan manusia. 

 

Cara Mencegah dan Mengurangi Polusi Udara

Meskipun pemerintah sudah berusaha untuk mengurangi masalah tersebut. Selain Anda harus menggunakan masker wajah untuk melindungi paru-paru dan kulit dari bahaya polusi. Namun, Anda juga harus berkontribusi secara active agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Lalu, langkah-langkah apa saja yang bisa kita lakukan?

 

  • Menghemat energy

Menurut beberapa penelitian membuktikan bahwa masalah kesehatan yang disebabkan karena akibat pembakaran dari bahan bakar fosil. Pembakaran ini mampu menyebabkan polutan seperti karbon dioksisa, nitrogen oksida, sulfur dioksida serta polutan lainnya yang cukup berbahaya.

 

Zat ini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan manusia, namun juga sangat berdampak negatif pada lingkungan. Jadi langkah mudah yang bisa diterapkan pada diri sendiri yaitu dengan mengurangi penggunaan energy listrik, baik dirumah maupun di tempat kerja. 

 

  • Mengurangi penggunaan kendaraan

Transportasi yang ada di jalanan merupakan salah satu penghasil oksida nitrogen yang paling banyak. Nitrogen oksida menjadi polutan udara yang cukup berbahaya bagi kesehatan, khususnya organ paru-paru. 

 

Di kota-kota besar, polutan ini sangat terasa dan lebih banyak disebabkan karena kendaraan bermotor. Untuk mengendalikan masalah tersebut, maka harus ada kesadaran dari diri kita untuk memulai mengurangi polusi tersebut dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Caranya bisa memanfaatkan transportasi umum, bersepeda atau berjalan kaki.

 

  • Memilih produk daur ulang

Dalam membuat sebuah produk dibutuhkan serangkaian proses. Mulai dari pemilihan bahan utama yang digunakan, mulai dari bahan yang ditambang, proses pengangkutan sampai dengan proses pengolahan agar menjadi barang siap pakai.

 

Dalam proses pengolahan suatu barang, maka disertai dengan emisi, bahan kimia gas sampai dengan polutan lainnya. Dengan Anda memanfaatkan produk daur ulang, maka dapat mengurangi penggunaan energy dan mampu mencegah polusi udara. 

 

  • Memanfaatkan produk sustainable

Seseorang yang berkomitmen untuk membantu masalah polusi udara, maka dia akan berpikir ulang untuk membeli barang. Apakah barang yang dibeli tersebut benar-benar dibutuhkan? Karena dalam memproduksi sebuah barang, terutama barang yang murah tidak memiliki batasan emisi. Hal itu yang menyebabkan udara menjadi kotor.

 

  • Gerakan menanam pohon

Untuk memerangi masalah polusi udara yang terakhir yaitu dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya. Hal ini menjadi langkah kecil paling efektif, namun dapat memberikan dampak positif untuk jangka panjang. Menurut beberapa penelitian membuktikan bahwa pohon mampu menyerap partikel berbahaya 850 hingga 2.000 ton , terutama di daerah perkotaan. 

 

Tidak hanya membasmi partikel berbahaya, akan tetapi pohon juga mampu menurunkan sulfur dioksida, nitrogen dioksida, karbon dioksida, ozon, monoksida dan dioksin.

  Baca Juga : Cara Mengatasi Dan Mengobati Gigi Berlubang

Nah, dengan membaca artikel di atas. Mari mulai dari kesadaran kita pribadi untuk menerapkan cara mengatasi pencemaran udara yang ada dilingkungan kita. Dengan 5 langkah di atas, maka Anda sudah sangat berperan aktif untuk menjaga udara dilingkungan menjadi tetap terjaga dengan baik.