Tahap Awal Membuat Kerajinan Tangan yang Mudah dan Praktis

Tahap Awal Membuat Kerajinan Tangan yang Mudah dan Praktis
Tahap Awal Membuat Kerajinan Tangan yang Mudah dan Praktis

triathlon-levis.com – Pada umumnya orang beranggapan kalau barang bekas adalah sampah. Sehingga, perlu dibuang. Padahal, sebenarnya terdapat peluang besar jika barang bekas ini dimanfaatkan. Loak bisa menjadi barang berharga apabila dijual di pasaran. Dimana Anda hanya perlu menggunakan daya kreatifitas supaya bisa menghasilkan barang indah nan lucu.

Salah satu kerajinan tangan dari barang bekas yang patut Anda coba adalah decoupage. Decoupage adalah seni menghias permukaan benda menggunakan pola kertas atau kain berwarna. Sehingga menghasilkan motif unik serta cantik pada permukaan benda. Apabila ingin bisa melakukannya, maka perlu mempelajari cara membuat kerajinan decoupage dari loak

Tutorial Lengkap Seni Decoupage

  1. Siapkan bahan

Tentukanlah objek yang ingin dihias dengan tidak lupa mengumpulkan bahan untuk mendekorasinya. Anda dapat memanfaatkan bahan apapun, seperti guntingan majalah, potongan kain tipis. Yang terpenting, bahan tersebut lembut dan fleksibel. Sehingga, dapat mudah diterapkan di bidang yang berlekuk-lekuk.

Namun, perlu diperhatikan, untuk membuat decoupage ini jangan sampai menggunakan bahan terlalu tebal. Sebab hal tersebut dapat membuat permukaan terlihat menonjol dan kurang rapi. Selain itu, jangan menggunakan kertas bergambar hasil cetakan printer. Sebab warnanya dapat menyatu dengan lapisan diatasnya. 

  1. Guntinglah bahan seperlunya

Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya dapat menghasilkan bentuk serta desain menarik. Gunakanlah gunting untuk membuat bentuk yang diharapkan. Sebaiknya, dalam memegang gunting posisinya sedikit miring ke kanan. Cara ini dilakukan supaya dapat menghasilkan tepi kertas lebih halus dan menyerong. 

  1. Buatlah desain 

Sebelum mulai merekatkan potongan-potongan tadi, sebaiknya anda buat terlebih dahulu rancangan desainnya. Tujuan dengan membuat rancangannya terlebih dahulu, agar anda setidaknya tahu tentang hasil akhirnya nanti.  

  1. Siapkan benda 

Pastikanlah benda yang akan dihias dalam keadaan bersih dan kering, agar mudah ditempel dengan persediaan potongan kertas tadi. Selain itu, untuk bagian tonjolan permukaan objek, anda bisa menghilangkannya dengan cara mengamplasnya, supaya permukaan menjadi halus dan rata. Apabila, ingin memberikan plitur atau cat pada objek, lakukanlah sebelum menempelkan potongan kertasnya.

Jika objek yang akan dihias adalah terbuat dari kayu atau logam, maka bisa gunakan cat lateks sebagai warna dasarnya supaya potongan kertas dapat menempel baik. Namun, sebelum itu letakkan Koran di area kerja untuk mencegah kotoran menempel di permukaan lantai atau meja.

  1. Tempelkan potongan

Langkah terakhir adalah menempelkan potongan-potongan tadi sedikit demi sedikit ke permukaan objek menggunakan lem decoupage. Dalam melakukan langkah ini, sebaiknya berhati-hati untuk mencegah kerusakan pada potongan kertasnya. Setidaknya gunakanlah kuas untuk mengoleskan lem pada permukaan benda atau kertas secara merata.

Baca Juga : Begini Cara Mendapatkan NPWP dengan Mudah

Kemudian, setelah menempelkannya gosokkan potongan kertas menggunakan stik es krim, guna menghilangkan gelembung udara yang terperangkap. Sehingga, kertas dapat menempel dengan baik, rata, dan sempurna.    

Langkah membuat kerajinan tangan dari barang bekas akan memiliki harga jual yang tinggi, apabila mengikuti langkahnya secara runtut dan teratur.